Beranda > Technology & Pemrograman, Tips & Trik Aplikasi > Cara Sembunyikan Sheet pada Microsoft Office Excel

Cara Sembunyikan Sheet pada Microsoft Office Excel


Trik ini sering digunakan para pengguna Microsoft Office Excel yang ingin menyembunyikan hasil kerjanya pada worksheet, dan triknya akan lebih terasa mudah jika kita menguasai bahasa pemrograman visual basic.

Adapun trik menyembunyikan worksheet :

  1. buka Microsoft Office Excel atau file Excel anda yang ingin disembunyikan worksheetnya.
  2. klik menu Tools –> Macro –> Visual Basic Editor, maka akan terbuka aplikasi “Microsoft Visual Basic”
  3. pada Project – VBA Project pilih Microsoft Excel Objects dan klik sheet yang akan di sembunyikan, misalnya sheet “coba” yang akan disembunyikan seperti gambar contoh di bawah ini

VBA

4. kemudian pada properties – sheet –> Alphabetic klik visible dan diganti xlSheetVisible menjadi “xlHidden”.

5. setelah itu Microsoft Visual Basic di “close”, maka sheet berhasil di sembunyikan.
6. Untuk menampilkan kembali, lakukan hal yang sama tetapi pada poin 4 dikembalikan ke ” xlSheetVisible”.

  1. muhsinpamungkas
    16 November 2011 pukul 11:48 pm

    makasih banyak infonya mas. artikel lain ttg visual basic sangat dinanti mas. thanks

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: